Ini dia Keutamaan Aqiqah untuk Umat Islam

Pengertian aqiqoh berdasarkan bahasa yakni memotong. Penyembelihan binatang ini yaitu sebagai format rasa syukur umat Islam kepada Allah swt atas kelahiran buah hati mereka. Hal ini sebagai pengamalan kepada sunnah Rasul dan bukti bahwa kita meniru kebiasaan mulia umat Islam terdahulu.

Tata Tertib aqiqoh yaitu sunnah muakkad, benar-benar diutamakan untuk yang cakap menyelenggarakan. Pelaksanaanya pada hari ke-7, ke-14, atau ke-21 setelah sang buah hati lahir.

Jumlah hewan yang disembelih untuk bayi laki-laki adalah dua ekor, sementara untuk bayi perempuan cukup satu ekor. Adapun pengerjaan ibadah ini satu kali seumur hidup. Sedangkan jenis binatang yang diperbolehkan untuk disembelih berupa kambing, domba, atau biri-biri.

Keutamaan aqiqoh dalam Islam ini akan memberikan manfaat yang luar awam untuk semua umat muslim yang beriman terhadap Allah swt. Apa saja keutamaannya? Mari kita simak.

Meningkatkan Ibadah
Mengerjakan aqiqoh bisa meningkatkan ibadah kita terhadap Allah swt karena dalam pelaksanaanya kita membacakan ayat-ayat Alquran beserta doa-doa yang terbaik untuk sang buah hati.

Mendapatkan Pahala
Mengerjakan aqiqoh sama dengan melakukan sunnah Rasul yang artinya membuktikan bahwa kita mencintai Nabi Muhammad saw dan mencintai Islam. Sekiranya kita menjalankan sunnah Rasul dan perintah Allah swt tentu saja bakal mendapatkan pahala.

Menghilangkan Kotoran serta Penyakit
Melaksanakan aqiqoh juga disertai mencukur rambut sang anak. Prosesi pencukuran ini bisa menghilangkan kotoran serta penyakit yang ada pada sang buah hati semenjak dia dilahirkan.

Mendoakan sang bayi
Akikah yang dikerjakan dengan membacakan doa-doa yang terbaik untuk sang buah hati serta diamini oleh banyak orang yang hadir. Hal ini menambah dikabulkannya dari niat melaksanakan aqiqah ini.

Meningkatkan Rasa Sosial Sesama Kerabat serta Tetangga
Keutamaan aqiqah lainnya ialah meningkatkan rasa cinta kepada kerabat, tetangga, umat muslim pada umumnya. Dengan membagi daging aqiqoh terhadap banyak orang dapat meningkatkan rasa sosial serta solidaritas antar sesama.

Sekiranya Anda sedang mencari jasa aqiqoh, percayakan saja terhadap Paket aqiqah jogja. Demikian penjabaran singkat seputar keutamaan akikah dalam kehidupan bermasyarakat dan secara khusus bagi sang bayi.